prakerin


Prakerin adalah singkatan dari praktek kerja industri. Di sekolah kejuruan dituntut siswanya untuk melakukan prakerin sesuai dengan jurusan/kompetensi keahlian masing2 siswa
Kebetulan saya jurusan “administrasi perkantoran” dan disekolah saya diberikan waktu prakerin selama 3bulan, yaittu maret,april dan juli

Di bulan maret saya prakerin di KEMENTERIAN KESEHATAN RI daerah kuningan, pertama kali tiba disana sangat merasa tidak nyaman, karena saya dan teman2 hanya duduk tanpa melakukan perkerjaan selayaknya mempraktekkan pelajaran disekolah, lama kelamaan disana kami terbiasa dengan karyawan kami mendekatkan diri dan ada satu orang karyawan yg mungkin akan sangat kami rindukan, beliau adalah Pak Woto. Karyawan yang sangat baik, lucu dan menggemaskan selalu mmbuat kami tertawa dengan tingkahnya yang lucu, ada lagi karyawan yang tidak akan kami lupakan, Bu Ester karyawan satu ini sangat simpel, pertama kali kami melihatnya sangat kaget bahkan takut, kami brfikir beliau orangnya galak, tapi ternyata beliau sangat baik. Berbeda dengan karyawan lain bu ester ini suka sekali brmain game di komputrnya, karena tidak ada kerjaan yang dapat dilakukan. Ada lagi Pak Sugeng, karyawan ini uuuuhh seperti malaikat yang dikirim Allah untuk menjaga kami, sangat baik hati, perhatian sekali, leembut bicaranya.

Kalau diminta tolong mengantar suratt ke sekjen pasti selalu kena omelan dari satpam disana, entah karna suara kami yang terlalu besar, entah itu karena selalu bolak-balik mengantar srat, entah karena kami brtanya padanya terus, beeh sangat gondok kalau mengantar surat ke sekjen bertemu dgn satpam yg itu -__-

Karena kami pkl di PKLN (pusat kerjasama luar negeri) banyak sekali orang luar yg datang, jadi memacu kami untuk bicara dgn bahasa asing yg menurut saya sndiri mengasah kemampuan kami.
Ada lagi anak kampus/ karyawan mudda yg kerja dibagian haji tepatnya 1lantai dengan pkln jddi bersebelahan, ada sekitar 4 orang laki2 muda, dan merka itu disukai masing2 dari kami, ohmy maklum ya anak abg, saya punya julukan untuk masing2 org itu karna gatau namanya, yg pertama gajah karena orgnya besar, yg kedua jamdak(jambul landak), yg ketiga mas antagonis karena dari raut wajahnya pas bgt buat jd org antagonis, dan yg terakhir yg paling mmbuat saya sampai salting menjatuhkan aqua didepannya adl jamban(jambul banyak) ini yg sering saya critakan di twitter.

Banyak skali kenangan di depkes itu, mulai kisah bahagia,sampai sial, pernah lagi hujan,kami berteduh, ktika sudah berhenti hujannya kami plg dan menybrang jalan, karena di daerah kuningan itu jalur cepat smua,dan tangga penyebrangan jauh skali,kami nekatt mnyebrg smbarangan,ktika ditengah2 ada kubangan air hujan, teman saya si halimah terciprat air dari mobil yg melaju lwat kubangan itu,basah kuyup,kami bertiga menertawakannya, galama dari itu ada mobil lain yg mlaju kencang dan wuussshh basah semua kami ber4. Pengalaman yg tak terlupakan lainnya ketika mau menyebrang kami melihat ada 2 org polisi diseberang jlan, krn takut ditilang nyebrang smbarangan saya teriak “pak boleh nyebrang disini ga??” Pak polisi itu ga denger, saya ulangi teriakan itu dngan kencang lagi “PAK BOLEH NYEBRANG DISINI GAK?!!” Dari sebrang terlihat 2polisi berunding dan salah satunya malah mnghampiri kami, dan tau gak??
Polisi itu malah nyebrangin kami -___- teriak capek2 buat nanya boleh apa engga eh malah dikira minta sebrangin -__-

Itu pengalaman yg sangat kami ingat sampai sekarang dan tidak akan dilupakan
:))

Bulan kedua prakerin bulan april di kampus IBN kampus yg berlokasi di jl mayjen DI panjaitan ini org2nya sangat baik sekali, baru hari pertama aja udah berasa rumah senddiri,
Mba aulia, mba ita, kak iin, kak fafa, kak glo, kak merry dan yg lain sangat baik hati, tapi -___-
Kerjaannya itu loh -______-” sumpah demi penguasa jagat raya ini capek, padahal keerjaannya itu2 aja (mengoreksi dan menginput) berpuluh bahkan ratusan kelas bahkan sekolah kami koreeksi itu ujian/tes masuk kampus itu, belum lagi kalau nginput di komputer mba ita harus sabar dan slalu siap sedia save tiap detik, karena komputer itu selalu saja ngehang -__-
Pernah saya nginput 3 sekolah yg kelasnya banyak bgt tau2 komputernya mati gitu aja, karna blm di save jadi harus mengulang dari awal lagi, capek kan??!!
Tapi disana banyak skali org/kk kk yg kami lihat bagaimana suasana kampus dan sebagainya.
Ada juga mistisnya, nihya ada temen kk kelas saya nakut nakutin saya lwat ym saya disuruh mencari tau,tapi karna itu malam jum’at saya ga meladeni org ini, keesokan harinya saya menceritakan hal itu pada teeman2 dan mereka ngajak untuk cari tau dan…. Pokoknnya 1hari itu aneh banget deh! Banyak kejadian gamasuk akalnya! Jangan ingete yg ini lagi ahh -__-
Waaah lengkap bgt deh pkl disitu

Dan terakhir saya prakerin di KPP PMA TIGA ( Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga) yang beralamat di kalibata, sangat dekatt memang dengan rumah saya hanya 2menit naik kendaraan, pernah pulang pkl jalan kaki berda teman saya untuk mengetahui waktu dan ternyata ± 15menit saja tapi tetep aja capek kalau jalan kaki -__-
Pkl di pajak sangat beda rasanya karena kami ber4 dipisah pisah semua, jadi?? Ya sendiri2 tiap lantai bayangin hari pertama pkl blm ada kerjaan disuruh duduk kaya kambing congek gaada temen ngobrol -__-
Sampai tiga hari tetep aja rasanya ga betah gimana gitu walaupun karyawan situ baik2 tapi ini gaada tmennya disitu!!!! Aaaah! 2bulan prakerin sbelumnya ga pernah dipisah2 gini, skalinya dipisah langsung ngerasa ga betah,padahal sebenarnya lebih baik dipisah karna akan terlihat kemampuan masing2.
Setelah seminggu saya mulai akrab dengan suasana ruangan itu, dengan kebisingan mesin pembuat surat konfirmasi yang banyaknya tidk terkira,knp saya bilang bgitu? Karna itu slah satu kerjaan saya, mulai dari menyobek sisi2 kertas, memiahkan antara surat yg akan dikirim, diarsipkan, dan disimpan bagian fungsional, sampai memasukan ke ampop hingga menstempel amplopnya panjang ya caranya -__- bayangin kalo banyak bgt beeeh,tapi saya dibantu mba astri yg baik hati🙂. Yang saya seneng itu kalo nginput surat masuk di mejanya mba nana, rasanya itu kerjaan anak ap banget gitu loh, pas deh, udah gitu disuruh ngarsipin LPP sama pak maman,banyaknya ga kira2 -__- udah gitu diminta menemukan kembali LPP yg udah diarsipin dilemari arsip yg banyak banget sendirian nyari segitu banyak LPP huh -__- tenaga dibutuhkan buat kerjaan satu ini karna lpp itu berat2 bgt disimpan dlm ordner dan isinya penuh, uuhh kalo inget itu gaktau mau nangis apa mau seneng -,-
Ada nih karyawan yg selalu aja bikin saya ketawa ngakak entah kenapa kalau karyawan satu ini dicenggin sama karyawan lain pasti saya ikut ketawa hahaha nama karyawan terseebut adalah Pak Sigit,yang baru nikah tgl 16 kemarin😀 beliau gapernah ada yg bisa saya bantu,stiap tanya: “pak ada yg bisa dibantuin ga?” Selalu aja bilang gak ada tuh dek, eeeh pas lagi capek2nya abis ngantter surat bapak satu ini minta saya nurunin surat,kenapa engga skalian aja coba pak?!! Tapi saya cukup seneng bgt sih, apalagi ada Pak Zainal yg kocak abis, ada aja omongan yang bisa bikin saya dan karyawan lain ketawa.

2minggu di pemeriksaan saya semakin akrab dengan semuanya, tidak hanya bag pemeriksaan, bagian pelayanan juga ramah2 orangnya sampai jadi akrab malah, pernahh kami diminta untuk mengisi acara pisah sambut sebagai iklan dlm acara itu. Coba tebak iklan apa??!!???

Iklan “tori-tori” !!!! Aaaaaah parah nggak tuh?? Malu-maluin bgt kan!! Sumpah bukannya menghibur tapi bakalan garing banget,lebih garing dari krupuk kulit mungkin, gimana kalo kami di depan panggung diliat seluruh karyawan dengan joget gaya iklan tori-ttori????
Bukan hanya kami yang malu, tapi mungkin sekola juga kali ya,soalnya waktu itu pake seragam batik,kan ketahuan bgt -__- nanti yg ada org bukannya ketawa karna terhibur liat perform kami malah bengong sambil menganga karna liat joget tori2 yg gaelas itu lagi !!
Tapi kami putuskan buat ga ikut walaupun didesak terus, sampai 2temanku ngumpet karna takut disuruh ikut iklan itu hahaa
Yg baik itu org di tempat saya, kan saya bilang jgn izinin saya buat ikutan iklan itu, eh pak zainal mendukung,katanya jgn mau kan malu2in kaya gitu, waaahh baik banget kan??? Akhirnya gajadi deh

3minggu di pemeriksaan saya semakin betah, bahkan saya pernah berfikir buat lgsg kerja disitu,dan ga mau sekolah lg, karna di pemeriksaan itu berasa banget keluarga sendiri, bayangin aja, baru dateng baru buka pintu lgsg disuruh sarapan dulu, baik bgt kan??
Emangsih kerjaan disitu banyak dan berat banget, saya pernah hampir drop tuh gara2 kecapean angkat2 lpp yg berat2, pokoknya capek deh kerja di bagian pemeriksaan, ga kaya temen yg lain, dipelayanan, pk, dan umum yg kerjanya ga berat. Tapi saya sangat banyak mendapat pelajaran baru yg tdk didapat tmn saya.
Minggu terakhir saya semakin engga rela meninggalkan tempat prakerin itu! Terutama pemeriksaan! Sebanyak apapun pekerjaan yg saya lakukan disana tapi selalu tak terasa karena banyak dibantu karyawan itu juga

Sampai akhirnya hari terakhir, hari ini 29juli 2011 saya sangat tidak ingin meninggalkan tempat itu, saya seringkali ditawarkan untuk tetap pkl disitu, tapi apa daya, sekolah pasti tak mengizinkan. Saat terakhir saya kurang puas, harusnya terakhir izin dgn semua karyawan,tapi ini??? Sebagian pergi, kenapa belum pulang kettika saya akan pulang pak??? Aduh saya merasa punya keluarga baru selain ddirumah, disana saya diperhatikan, orangnya royal, dan saya sangat senang ketika salah satu. Karyawan berkata “akhirnya pekerjaanku selesai juga karna ada nidda yg membantuku” huh lega dan bangga bangeeeeeet ada yg bilang gitu :))
Ternyata ada hasilnya juga kerja kerasku🙂
Tapi saya gak pernah mengeluh kok, selalu bersyukur aja :))

3bulan itu sangat berharga walaupun sangat terasa singkat sekali, banyak teman, kakak, dan keluarga baru yang saya dapat, dan tntu saja pengalaman yang tak didapat ditempat lain🙂

Leave a Reply

