UN -> Coming Soon


Apa yang pertama kali terbayangkan jika saya sebutkan tentang “duduk dibangku kelas XII” ?? Saya rasa banyak dari kalian berkata ‘akan serega LULUS’ dan sebagainya, benar kan? Tapi ada satu hal yang mungkin sangat ditakuti semua siswa kelas XII tersebut. Kalian tau apa itu?
Yap, UN! (Ujian Nasional) telah menjadi momok yang sangat ditakuti para siswa yang akan menghadapinya. Mengapa banyak siswa yang takut???
Karena itu adalah pintu utama untuk masa depan yang lbih baik lagi, banyak anak yang pada saat hari UN sakit shingga tidak bisa mengikuti ujian yang mengerikan tersebut hingga akhirnya siswa itu tidak lulus sekolah.
Ini nggak adil! Kita sekolah selama tiga tahun tapi hanya ditentukan pada saat UN??!!!

Bayangkan jika banyak yang tidak lulus? Siswa yang paling pintarpun apabila ketika hari H Ujian Nasional tidak hadir, jangan harap bisa lulus!! Walaupun nilai ujian sekolah dan ujian praktek nilainya bagus sekalipun.

Saya membahas hal ini karena sekarang saya berada pada tingkatan ini, kelas XII. Saya seperti sedang berlayar dilaut lepas, terombang-ambing gelombang laut yang sangat hebat, kadang kapal saya tenang berlayar dilaut, tidak jarang pula kapal laut saya terseret arus ombak besar. Bisa tersesat apabila tidak tau arah dan tujuan, Kelulusan merupakan tujuan saya, ketika saya menjadikan lulus adalah tujuan, tentu saja banyak halangan yang menghadang kapal saya. Apabila kita tidak bisa mengendalikan kapal itu tentu saja kita tidak bisa sampai tujuan semula.
Tapi jika saya punya strategi mencapai tujuan saya itu pasti akan mudah sampai pada tujuan itu.

Saya selalu stres apabila kata UN saya dengar, entah apa yang saya takuti, saya takut mengecewakan kedua orangtua saya, mereka susah payah membiayai pendidikan saya hingga kini. Jadi setiap mendengar kata “UN” rasanya air mata saya tidak bisa tertahankan lagi, itu lebih membuat saya tambah batin,😥 setiap ada guru masuk kelas saya dan membicarakan masalah UN, ingin sekali rasanya menangis dipelukan mereka, saya merasa memikul beban yang sangat berat dipunggung saya.

Kadang saya merasa lemah jika disebutkan kata UN, tapi ittu adalah musuh saya! Saya harus menang melawannya! Saya akan membanggakan orangtua saya! UN merupakan sebagian kecil dari tantangan yang akan saya temui di dunia ini. Jika hanya UN saja kita takut, bagaimana jika besok kiamat? Bekal apa yang sudah disiapkan untuk menjeelang hari akhir yang tidak kita ketahui kapan datangnya? Lalu apa yang sudah kalian siapkan untuk libur lebaran nanti??? Apa kalian sudah membeli tiket untuk mudik kee kampung hhalaman??

*Apa hubungannya yaa??*
*bingung tingkat kecamatan*

Lalu bagaimana cara supaya kita bisa melewati UN dengan lancar dan berhasil??
Setiap ada guru yang masuk klas saya, kebanyakan memberikan kami cara2 sukses UN.
1. Buat kelompok belajar
Ini dilakukan agar teman2 yang kurang memahami suatu pelajjaran bisa dibantu dngan temannya yang lebih memahaminya.
2. Mengulang pelajaran dari kelas 1 dan 2
Kalau ini wajib dilakukan, supaya ingatan kita tentang pelajaran kelas 1 dan 2 kembali diingat
3. Tidak malu bertanya pada siapapun
Yang ini juga pnting, apabila ada pelajaran yang masih beelum kita pahami bertanyalah pada guru atau teman yang mengerti
4. Berdo’a
Yang paling penting dari yang terpenting. Setelah kita telah berusaha selanjutnya berdo’a lah pada Allah. Karena tanpa izin-Nya kita tidak akan sukses

ya memang UN dimulai pada bulan Maret/ April, tapi itu sangat singkat buat kami yang menjalaninya.
Detik demi detik
Menit demi menit
Jam demi jam
Bulan hingga bulan
Sampai akhirnya hari H, itu sangat tidak terasa kawan.
Apa kalian siap??
Siap tidak siap, kita semua HARUS SIAP!!

Percayalah, usaha yang maksimal juga akan membuahkan hasil yang lebih maksimal.
Jadi jangan buang-buang waktu kita untuk hal yang tidak berguna.
Sekarang aturlah waktu kita, persiapkan dengan baik. Jangan lupa jaga kesehatan

Sekian ~

One thought on “UN -> Coming Soon

  1. Tidak ada yang perlu ditakutkan dari UN sebenarnya selama kita belajar sungguh-sungguh.
    Memang sistem UN saat ini adalah sebuah mekanisme yang salah dari dunia pendidikan kita menurut saya. Tidak adanya keadilan antara siswa perkotaan dengan siswa pedalaman dari segi fasilitas yang didapat tapi harus menjalani UN dengan standart yang sama.

Leave a Reply

