Di Hari Sumpah Pemuda


Tepat tanggal 28 Oktober 2011 ini Bangsa Indonesia merayakan “Hari Sumpah Pemuda” yang ke-83.

Berawal dari gue sampai di sekolah bersama Abel (chairmate gue). Ketika masuk gerbang sekolah ada suara komando berasal dari lapangan, dan ternyata anak paskib latihan untuk persiapan upacara nanti. Yang ada di otak gue waktu ngeliat anak yang latihan itu cuma ‘si unyil’ (sebutan buat………….) ada apa nggak. Ternyata gak ada!
Ehh pas gue jalan dikit lagi baru keliatan orangnya -____-

***

Sampai di kelas semua pada menyapa gue (tumben) itu karna semalem gue SMS temen sekelas yang isinya sama dan inti dari SMS gue itu adalah gue kangen sama AP2.
Dan lo tau kenapa gue bisa tiba-tiba kangen?? KARENA HARI INI PENGUMUMAN LULUS/TIDAK LULUS!!
Gue mikirnya gitu! Padahal si cuma ngambil raport bayangan. Tapi entah kenapa gue udah mikir sejauh itu. Itulah sebabnya gue SMS anak sekelas.

Bel pun berbunyi, speaker berbunyi, menandakan upacara akan segera dimulai, AP2 dengan kompaknya langsung menuju lapangan yang masih kosong.
Upacara dimulai, gue baris dibarisan kedua karena mau ngeliat pengibaran benderanya doang sih. Tadinya gue ditengah, tapi berhubung si Novi (gadis batak) pengen banget baris deket gue, dan mukanya udah mupeng banget yauda deh gue maju kedepan. Samping gue Ida, walaupun kita di depan tapi berisik banget. *don’t try this anywhere*

*Upacara dimulai, tiap-tiap danton menyiapkan barisannya*
Disiapin dah tuh barisan anak AP2 dan PM1 sama danton barisan kita, karna jarak yang terlalu dekat sama anak PM kali ya si Sholeh (anak PM1) tiba-tiba memecahkan suasana dan membunuh karakter sang danton yang udah gagah berani itu.
Sholeh: “Makan jengkol kali ye”
PARAH SUMPAH ITU PARAH BANGET LE!!!
Wahahahaha semua ngakak! Bener-bener ngakak!! Padahal upacaara udah dimulai! Apalagi barisannya didepan! Jelas banget diliat guru kalo ketawa. Nggak cuma anak PM yang ngakak! Gue,dan lainnya juga ngakak parah, sampe nangis dan pengen ngompol nahan ketawa, gak bisa berenti banget, gue kasian sama itu anak kelas 2 yang nyiapin barisan kita itu pasti nyesel dan sakit hati di katain kayak gitu, didepan orangnya pula! Parah kan, guru udah mulai ngeliatin, dan gue masih gabisa berenti ketawa! Asli pengen ke TOILET gue rasanya! Cekikikan sampe nangis dan yang didepan gue ngeliat gue aneh gitu.
Sumpah itu gak bisa gue lupain! Kalo inget kejadian itu pasti ngakak sendiri udah kayak orang gila.

Pada waktu pembacaan isi sumpah pemuda gue merinding seketika, serasa jiwa muda gue diuji banget nantinya. Fokus banget gue nyimaknya gak peduli kanan kiri.

Dan waktu amanat Pak Muslim Suganda (guru olahraga yang berbadan keker, gaul dan kece) sebagai Pembina upacara, beliau memberikan amanat yang hampir sama seperti pidato di mimbar. Kurang lebih 30 menit beliau memberikan amanat mengenai “Sumpah Pemuda” dan kurang lebih selama itu pula anak-anak sudah mulai bosan. Maklum saja namanya pelajar.
Beliau sangat semangat dalam memberikan amanat kepada kami, begitu pula kami begitu semangat! (Semangat tepuk tangan doang sih)
Dan ketika Pak Muslim terlihat sudah mengakhiri amanatnya, kami makin semangat.
Setelah itu tiba-tiba beliau mengeluarkan kertas dari saku celananya. Semua lemas kembali karena ternyata amanatnya belum selesai -___-

Berlembar-lembar dibacakan, gue ngitungin berapa lembar yang beliau baca. Dan ternyata ada 5lembar wey! Mantep kan. Dari segitu lamanya amanat yang gue bisa tangkep adalah:
Tema yang diangkat untuk hari sumpah pemuda tahun ini adalah “pemuda yang berjiwa wirausaha”
Udah itu doang. Hahaa parah ya. Tapi gue punya kesimpulan. Sebagai pemuda/pemudi kita jangan mau kalah sama pemuda dijaman dulu, kita harus berjuang membela negara dengan cara belajar yang giat. Jadi orang cerdas!

Lagu wajib yang dinyanyikan ada 2 dan 1 lagu kebangsaan 22
1. Satu Nusa Satu Bangsa
2. Bangun Pemudi Pemuda
3. Mars SMKN 22

Dan pada saat pembacaan do’a, sangat khitmat banget, yang baca juga bikin merinding. Selama 3tahun upacara disekolah itu kayaknya baru kali ini gue bener-bener khusu’ do’anya, sebelum si gadis batak bikin onar. Masa orang lagi pada do’a dia naro uang logam ke tangan orang yang lagi do’a. Gue juga kena -__- kan langsung buyar, sempet ketawa sih dikit, tapi tetep khusu’ kok.

Dan upacara selesai, barisan dibubarkan

***

Dikelas geger, kenapa? KARENA LISTRIK MATI!! Bayangin!! Gue lagi mau ngecarger hp ternyata mati listriknya, tau sendiri gue gabisa jauh dari colokan. Setelah ngadu ke (lupa namanya siapa) akhirnya gue berhasil nyelamatin hp gue dari kematian.
Waktu hp gue di chas, gue scream berdua sama mawar. Semua lagunya secondhand. Lagunya sih nggak tapi suara kita tuh scream banget! Pake earphone berdua, yang laen keganggu dengan suara gue sama mawar, tetep dilanjutin sampe suara abis kali tuh, bener-bener ngerasa PLONG kalo screaming gitu.

Dan diakhiri dengan pembagian raport bayangan, karna wali kelas gue Bu Wur (guru BP yg asek, gaul, kece, canggih pokoknya) jadi ngga perlu ortu yg ngambil, ya Bu Wur itu kan baik hati banget gakmau ngerepotin kita semua. Jadi kita semua gak ada ortunya yg dateng alias ngambil sendiri.. Berasa anak terlantar sih, orang-orang pada dateng bareng ortunya, tapi kelas gue?? Gak ada 1pun ortu yang dateng.

Bu Wur Mulai manggil satu2 berdasarkan absen, pertama dari absen 4, soalnya absen 1,2,3 gakmasuk, lama jugasih nunggu absen 15 disebut, eh sekalinya disebut…………..
JENG JENG JENG
Gak puas dengan raport itu!

banyak banget yang diambil dari hari ini, gue belajar gimana caranya menghargai orang, kebersamaan, dan raport itu harusgue perbaiki nilai-nilainya! Harus!

Karna hari ini sumpah pemuda, gue mau ngasih dikit aja nih, sebagai pemegang generasi selanjutnya, kita harusnya bergotong royong, jangan terpecah belah, jangan mudah putus asa. Terus berusaha untuk mencapai kesuksesan dimasa depan.

Kita sbagai pemuda/i jangan mau kalah sama rasa malas! Karena itu musuh terbesar kita! Lawan rasa malas! Dan berjuanglah PEMUDA/PEMUDI!!!
KITA ADALAH GENERASI MUDA INDONESIA!!

Leave a Reply

