STENOGRAFI


1. Definisi Stenografi

 Sering kita mendengar orang menyebut tulisan steno berarti tulisan cepat. Stenografer mampu mencatat suatu percakapan dengan lengkap karena memakai stenografi, hal ini tidak akan dapat dilakukan apabila memakai tulisan latin biasa.

2. Sejarah Stenografi

Stenografi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari 2 (dua) kata yaitu “STENOS” yang berarti singkatan atau pendek “GRAPHEIN” yang berarti tulisan.Jadi stenografi ( stenography ) berarti tulisan singkat atau tulisan pendek. Tulisan steno dibuat dan disusun sedemikian rupa pendek dan singkat sehingga mengakibatkan cepat dalam menulisnya. Stenografi menggunakan tanda-tanda khususyang lebih singkat daripada tulisan panjangnya ( latin), dan kemudian disempurnakan dengan menambah beberapa singkatan ( sudah singkat disingkat lagi ), sehingga waktu yang digunakan untuk menulis stenogramnya lebih cepat dibanding waku untuk mengucapkan kata yang dimaksud

Stenografi biasanya digunakan untuk menyalin atau menulis apa yang dikatakan oleh orang dengan cepat. Sehingga apa yang di dikte dapat langsung di tulis dengan cepat dan tepat.

  • Stenografi mempunyai 3 syarat huruf:
  1. Ukuran : 0 ruang, 1 ruang, 2 ruang (normal) dan 3 ruang.
  2. Arah penulisan : * Bawah ke atas : huruf vokal *Atas ke bawah : konsonan *Kiri ke kanan : 0 ruang ( nol ruang)
  3. Bentuk: -garis lurus, -garis lengkung, -lingkaran -bagian lingkaran
Nah untuk belajar menulis steno ada buku yang harus dipersiapkan, disini bukunya bukan buku biasa, ini buku khusus karena buku steno itu hampir mirip dengan buku untuk seni musik yang bergaris itu, tapi berbeda. Kalau mau membeli di toko buku biasanya agak susah sih ya karena sekarang sudah jarang yang mempelajari steno.
Tapi sebenarnya di buku apa saja sih bisa, asal kita sudah paham betul bentuk huruf steno itu sendiri, kalau pakai buku steno garis itu kan hanya untuk mempermudah kita membedakan antara huruf satu dengan huruf yang lainnya.
Karena huruf steno itu ada yang sama hanya saja panjang hurufnya yang beda, jadi kalau menulis di buku bergaris dapat terlihat perbedaannya.
Berikut contoh-contoh tuisan steno:
Nah kalau udah ditulis jadinya akan seperti ini
Nah pada bingung gak sama steno?? Mau belajar?? Silakan🙂
Sekian dulu postingan ini, terima kasih semua😀

22 thoughts on “STENOGRAFI

  1. maaf itu contoh huruf dan cara penyambungan hurus ba bi bu be bo dan seturusnya msi bisa diikuti tapi contoh penulisan TANPA= NP atau PEMBELAJARAN=MB dan seturusnya itu penyambungannya kayak mana?
    yang ada itu cmn 1 contoh huruf NG

  2. Susah buat belajar steno, tpi Śɑ̣̇̇ªªy̶̲̥̅̊ɑ̣̇̇᪪ tdak putus asa buat belajar, kan nanti kalau sudah mahir, tulisan Śɑ̣̇̇ªªy̶̲̥̅̊ɑ̣̇̇᪪ buat steno saja biar G̶̲̅ãK̅ đĨ tau ☺яåήĞ…. “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮‎​​ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮

  3. bagaimana kata-kata berikut ini di jadikan steno ? balas min
    1.monyet,menyanyi,sinyal,senyum,menyaksikan
    2.ngantuk,menyambut, menyatakan,kenyataan,lenyap
    3.unyil,menyempatkan,menyapu
    4.rembulan,berbaris,martabat,kurban
    5.anggaran,songsong,bilangan,onceng,kangkung,ping,langsunng,bingung,sangsung

  4. pelajaran stenografi itu menyenangkan, dulu saya mempelajarinya ketika waktu sekolah Smea/smk pgri cikupa. waktu itu saya diajarnya sama pak Agus tiaman, namun dia skg udah wafat. sekian info dari saya semoga steno dapat diminati org banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s