Mau kemana setelah lulus nanti???


Ide untuk buat postingan ini melintas begitu saja di otak gue, dan tanpa pikir panjang gue gak biarin ide ini hilang gitu aja…

Jadi alasan lain bikin postingan ini tuh gara-gara “banyak” temen gue yang nanya sama gue dimana kampus yang bagus, bermutu dan cepet kerjanya.

Disini gue bingung sama mereka semua, kenapa mereka cuma nyari “kampus yang bagus” sedangkan mereka sendiri belum tau “mau jadi apa mereka setelah lulus kuliah” misalnya.

Gue sempet beberapa kali menyarankan mereka untuk memikirkan terlebih dahulu ‘mau jadi apa mereka nantinya’, tidak sedikit yang kebingungan dengan maksud gue itu.

Tapi dengan sabar dan perlahan gue menjelaskan lebih rinci maksud omongan gue tadi, misalkan temen gue itu A

A : Nid, kampus yang bagus menurut lo apa?

Gue : kampus yang bagus? semua kampus punya kelebihan masing-masing, tergantung dari kitanya sih

A : maksudnya nid? gue bingung

Gue : gini ya, kalo lo mau tau kampus yang bagus, yang pertama lo harus lakuin adalah lo harus tau juga natinya lo kerja mau jadi apa? baru nanti lo cari tau kampus yang bagus menurut fakultas yang lo tuju sebagai kerjaan lo nanti. ngerti? *tanya gue sama temen gue yang keliatannya malah makin bingung*

A : hmm masih bingung sih Nid, coba dong contohin

*Tanpa menyerah dan kesal gue masih menjawab dan menjelaskan kepada teman gue, ya gue emang gak pinter, dan gue juga bukan siapa-siapa yang dengan sombongnya menyuruh dan “sok ngajarin” orang lain, gue cuma ingin berbagi aja sama temen-temen gue yang menurut gue butuh bantuan, lalu gue jawab lagi*

Gue : contohnya nih ya, lo pengen banget jadi penyanyi, tapi lo justru nyari kampus yang bagus dan bagus banget tapi gak sesuai sama tujuan awal lo itu, dan lo mungkin bisa langsung kerja karena kampus itu bermutu, tapi lo tau gak? lo gak sukses jadi apa yang lo inginkan, karena tujuan awal lo adalah seorang penyanyi, jadi kalo lo dari awal pengen jadi penyanyi yaudah jangan ikut-ikutan orang lain yang lo anggep dia itu ‘keren’ tapi lo malah masuk jurang. jadi makanya tadi gue bilang lo harus nentuin dulu dari sekarang lo mau  jadi apa, kalo itu udah ada jawabannya, lo tinggal googling aja kampus yang ada jurusan/fakultas yang lo tuju itu.

A : ooh gitu ya *dengan muka polos dan manggut-manggut aja*

Gue : oh iya, ada lagi, jangan karena ada kampus lain yang lebih bagus lo ikutan milih itu yang padahal di kampus itu nggak ada jurusan yang lo cari, dan nanti ujung-ujungnya lo bakalan nyesel. ya mungkin lo nanti bisa langsung kerja abis lulus dari kampus elite itu, tapi apa itu sesuai dengan tujuan awal? Itu balik lagi pada diri sendiri.

A : oh iya ngerti gue Nid, makasih ya🙂

pertanyaan seperti di atas sama dengan teman gue yang lainnya, gue sebenernya heran sempet mikir “apa mereka semua janjian ya nanya ginian ke gue?” tapi ….. yasudahlah, gue seneng bisa membantu mereka walaupun cuma sedikit🙂

hmm gue sebenernya emang terlihat sok tau dari percakapan gue diatas, tapi inilah yang gue omongin ke temen gue, agak nggak sadar juga gue udah buat temen-temen gue jadi lebih mengerti arti masa depan..

Dan tiba-tiba jiwa psikolog gue keluar lagi ketika temen gue yang lain sedang galau dia galau bukan karena masalah percintaan, tapi dia galau dengan masa depannya.

Dia itu bingung abis lulus SMK mau kemana, kuliah atau kerja..

Kalau untuk kuliah dia memang berasal dari keluarga sederhana yang kurang mampu untuk membiayai kuliahnya, tapi niat dia untuk kuliah itu besar sekali.. Gue salut sama dia, tapi dia juga bilang “kalo gue kerja jadi apa gue?” dia itu juga pesimis orangnya.

Gue coba buat nasehati dia, gue bilang ke dia “kalo mau kuliah tapi nggak mau ngerepotin orang tua lo juga mesti kerja, ya kerja apa aja.. hmm yang penting halal ya” terus dia malah makin pesimis dengan bilang gini

“Tapi gue gapunya keahlian apa-apa buat kerja, kerja kan butuh pengalaman”

terus gue bilang lagi “kalo lo gamau mulai dari sekarang kapan lo bisa kuliah dan kerja nanti? ini bagian dari pengalaman! kalo lo ga mulai dari sekarang, lo ga bakal punya pengalaman!”

Dia diem, gue gak tau apa yang ada di dalem pikiran dia, seandainya gue bisa baca pikirannya pasti dia lagi kesel sama gue karna gue ngomong dengan nada tinggi barusan..

terus gue lanjut lagi, “kerja yang gue maksud disini bukan kerja kayak yang lo pikirin, lo bisa mulai dari jualan apa kek, gak harus kerja di kantor dulu baru bisa disebut kerja, iya kan?” gue terlihat sangat sok bisa baca pikirannya dia

Terus dia jawab, “kok lo tau gue mikirin gituan?” dengan raut wajah yang penasaran

Gue sempet kaget, karena dari ke sotoyan gue itu ternyata bener..

Ya abis perbincangan itu dia udah mulai paham ‘dikit’ dari omongan gue dan setelah itu kami berpisah….

So, yang mau gue share disini adalah ketika kalian udah kelas XII SMA/SMK/sederajat lo udah harus menentukan tujuan lo sedini mungkin, kalo bisa ketika lo baru di lahirin lo juga harus tau lo mau jadi apa setelah beranjak dewasa nanti… hmm oke ini nggak mungkin -__-“

Ya, jangan terlalu nyantai jalanin hidup ini, tapi jangan terlalu serius juga jalanin hidup ini, hidup ini harus balance..

Setelah lulus kita di kasih 3 (tiga) pilihan, yaitu :

  1. Kalau abis lulus pengen kerja, yaudah! itu pilihan bagus
  2. Kalau abis lulus pengen kuliah, asal tidak memberatkan orangtua, yaudah itu juga bagus
  3. Tapi kalau abis lulus pengen kuliah sambil kerja itu lebih bagus, dimana kita bisa membiayai uang kuliah kita sendiri, dan tiap bulan bisa memberikan gaji kita pada orangtua..

Ya jujur aja, gue pengen jadi nomor 3, bisa kuliah sambil kerja, walaupun gue bayanginnya aja udah capek banget, tapi gue pengen cepet jadi berhasil, selagi gue belajar gue juga bisa mempraktekkan apa yang gue pelajari dengan pekerjaan gue. oleh karena itu gue udah nentuin duluan tujuan gue nanti mau jadi apa dari sekarang, untuk itu..

Makanya gue juga ngasih saran ke temen-temen gue seperti itu, supaya mereka juga punya pikiran yang jauh lebih luas dan panjang. bukan bermaksud sombong atau gimana, tapi gue udah biasa buat mikirin apa yang akan terjadi sebelum gue bertindak.

Semoga kita semua LULUS dan bisa menjadi orang sukses sesuai dengan tujuan kita masing-masing🙂

3 thoughts on “Mau kemana setelah lulus nanti???

  1. Pingback: 30 Hari Menjelang UN « niidass

Leave a Reply

