KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) 2012 SMK


 MATEMATIKA SMK (KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN)

1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real.
a) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala atau perbandingan.
b) Menentukan hasil operasi pada bilangan berpangkat.
c) Menentukan hasil operasi bentuk akar.
d) Menentukan nilai logaritma tertentu dengan menggunakan sifat-sifatnya.

2. Menentukan penyelesaian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matriks, dan program linear.
a) Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear.
b) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
c) Menyelesaikan operasi matriks.
d) Menentukan model matematika dari masalah program linear.
e) Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.

3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar.
a) Menentukan keliling bangun datar.
b) Menentukan luas daerah bangun datar.
c) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan/atau luas daerah bangun datar.

4. Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
a) Menentukan rumus umum atau suku ke-n dari suatu barisan bilangan.
b) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
c) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret geometri.

5. Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.
a) Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram.
b) Menghitung ukuran pemusatan data.
c) Menghitung ukuran penyebaran data.

 ***

KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) 2012 BAHASA INDONESIA SMK

1. Membaca berbagai informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks.

a) Menentukan gagasan pokok, simpulan, makna istilah, kalimat penjelas, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf.
b) Menentukan jenis laporan.
c) Menentukan isi petunjuk kerja.
d) Menentukan isi riwayat hidup/biografi.
e) Menentukan isi grafik/matriks.
f) Menentukan tanggapan logis dan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf.
g) Menentukan kata baku/tidak baku, kata bersinonim/ berantonim, kata bermakna konotasi, kata bermakna, dan perubahan makna kata.
h) Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.
i) Menentukan kalimat yang berbentuk opini/fakta dalam paragraf.
j) Menentukan makna ungkapan/peribahasa.
k) Menentukan tema dan majas dalam puisi.
l) Menentukan amanat cerpen/novel.
m) Menentukan latar dan tahapan alur novel/roman.
n) Menentukan unsur ekstrinsik novel.
o) Menentukan isi naskah drama, dan perwatakan tokoh.

2. Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat; membuat parafrasa; menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.

a) Menentukan penulisan kata, pilihan kata, dan ungkapan.
b) Menentukan pikiran penjelas, kalimat efektif, kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan, dan susunan topik karangan.
c) Menentukan tujuan, jenis kegiatan, dan sistematika penulisan proposal.
d) Menentukan penulisan bagian-bagian surat, kalimat pembuka, kalimat penutup, kalimat surat balasan yang santun.
e) Menentukan kalimat memo.
f) Menentukan isi surat berita keluarga.
g) Melengkapi paragraf sesuai dengan jenisnya.
h) Melengkapi bagian-bagian surat kuasa.
i) Menentukan isi surat perjanjian jual beli.
j) Menentukan kalimat pengumuman.
k) Menyusun catatan kaki.
l) Menentukan isi catatan hasil rapat.
m) Menentukan isi kata pengantar laporan, dan simpulan laporan.
n) Menentukan kalimat poster.

***

KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) 2012 BAHASA INGGRIS SMK

1. LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wcana lisan interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.

Picture
a) Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.
b) Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
c) Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.
d) Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang keadaan/situasi di suatu tempat/gedung/wilayah, sesuai dengan gambar.

Questions/Statements-Response
a) Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/ permohonan.
b) Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang mendeskripsikan benda/ perbandingan suatu benda.
c) Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang mengungkapkan kejadian/ peristiwa di koran/berita/kejadian yang dialami seseorang.
d) Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang yang diberikan.

Short Conversation
a) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu kemungkinan/rencana.
b) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan seharihari/ di waktu lampau/di waktu akan datang.
c) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang.
d) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan/atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perbandingan/ pemilihan benda.

Short Talk (Monolog)
a) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/ pembuatan suatu barang/prosedur melakukan sesuatu.
b) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang pengalaman kerja/kegiatan atau aktivitas di sekolah/pusat bisnis.
c) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan.

2. Reading (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.

Incomplete Dialog
a) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
b) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pelayanan tamu/percakapan di telepon/ percakapan pribadi.
c) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog terkait dengan kejadian masa lampau/kejadian yang sedang berlangsung.
d) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi undangan/pesan singkat.
e) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perijinan/pemberitahuan.
f) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi keluhan/meminta/memberi bantuan.
g) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
h) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang.
i) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/pilihan tindakan.
j) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penyampaian rasa simpati/persetujuan.
k) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang
l) berisi pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang.
m) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/kegiatan masa lampau.
n) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pemesanan suatu barang/jasa.
o) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pendapat.
p) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/ suatu rencana.

Error Recognition
a) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/ orang.
b) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/ tempat.
c) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi/permohonan.
d) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/ benda.
e) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/ membuat pilihan.
f) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan suka/ simpati.

Reading Comprehension
a) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dalam surat bisnis/memo/pesan/e-mail.
b) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dalam sebuah tabel/diagram/jadwal/grafik.
c) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dalam teks berbentuk recount.
d) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat, atau rujukan kata/frasa atau makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi.
e) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat atau rujukan kata/frasa atau makna kata/frasa dalam teks advertisement tentang sebuah benda/tempat/jasa.

 ***

Saya mendapatkannya dari sebuah situs tapi lupa namanya.. -__-

Semoga bermanfaat..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s