Nggak Jadi Ulangan!!!


 

Suatu pagi di SMKN 22 Jakarta.

Seperti biasa keadaan kelasku XII AP2 ramai dan tidak lancar, ini dikarenakan jam istirahat akan segera berakhir padahal belum puas karena sebelumnya kami ulangan event organizer dan kira-kira lima menit lagi bel tanda masuk berbunyi, aku yang sedang online dengan handphoneku diajak oleh Fitri untuk sholat dhuha, awalnya nggak ngeh dia manggil aku.

“Nid, sholat dhuha yuk” ajak Fitri, aku tidak mendengarnya karena sibuk online di handphone. Fitri kembali mengajakku “Niniiiid sholat ayok!”

“Haah? Apaan? ” jawabku bingung

“Ayo sholat dhuha” ajak Fitri sambil jalan menuju mushola yang letaknya bersebrangan dengan kelasku bersama Ida.

Tiba-tiba hening sejenak, aku melihat kearah jam dinding yang terletak di depan, pojok kanan atas lemari kelasku. Dan ternyata sudah pukul 09.45, aku buru-buru keluar untuk memanggil Fitri dan Ida.

“Fitriiiiiiiiiiiiiiiiiiii tungguuuuuuuuuuuuu!!” panggilku dari depan kelas

“Ayo cepetan” jawab Ida

Dengan kekuatan Nuju Bulan aku lari seperti kilat ke mushola. Memasuki mushola serasa ada yang menyejukkan diriku, melihat kanan kiri tidak ada orang lain kecuali kami bertiga yang berada di mushola. Selesai sholat tak lupa ku panjatkan banyak sekali do’a karena hari ini ada test TOEIC jadi aku berdo’a supaya sukses dan mendapatkan hasil yang maksimal, tak lupa juga aku  berdo’a supaya tidak ada ulangan dipelajaran terakhir, alasannya karena dengan PDnya aku nggak bawa buku pelajaran terakhir karena sudah tau akan test TOEIC di jam terakhir jadi pasti nggak akan belajar.

 

Setelah berdo’a kami bertiga mengobrol sambil melipat mukena. Ternyata Fitri bawa bukunya, ya dia memang kerajinan orangnya, (bukan karena rajin beneran) toh Fitri bawa doang nggak dibaca ya itu kan sama aja bohong.

“Lo bawa bukunya Nid?” Tanya Ida

“Nggak, gue kan udah niat nggak bawa kita kan TOEIC ntar” jawabku dengan santainya

“Gue bawa” sambung Fitri

“Ih rajin banget sih lo Fit” cetusku

“buat jaga-jaga aja gue mah”

“Ah gue sih males” sambung Ida

Setelah selesai melipat mukena kami langsung kembali ke kelas, biasanya ada jalan pintas untuk menyeberang yaitu lewat panggung! Tiap kali ingin ke mushola atau kembali ke kelas pasti selalu melewati atas panggung, berasa menjadi seorang idola kalau berada diatas panggung.

 

Dan sesampainya dikelas aku merapikan diri, tiba-tiba saja sekretaris kelasku Nalan membuat aku shock berat. Bener-bener nggak bisa mikir apa-apa ketika Nalan member informasi mengejutkan.

“Jamnya Bu Lani dimajuin! Kita ulangan lisan!” informasi Nalan

Jleb! Jleb! Jleb! Apa-apaan ini??? Baru tadi aku sholat dhuha do’anya biar nggak ulangan jam terakhir, ini kenapa ulangan?? LISAN PULA?! Kalau ada silet ingin rasanya motong-motong Nalan! Eh, nyilet tangan sendiri maksudnya, kenapa bisa begini?? Aku nggak bawa bukunya kenapa ulangan sih? Dari kejauhan sayup terdengar suara Fitri

“Tuh kan bener gue, untung gue jaga-jaga bawa hahaha” Fitri mulai ngeledek

Aku dan Ida hanya melongo nggak jelas karena masih nggak percaya kenapa bisa pelajaran jam terakhir maju, dan kita berdua nggak bawa bukunya, semua anak dikelas rusuh minjem buku kesana kemari mencari alamat, mencari buku maksudnya, belajarpun jadi nggak konsen ya gimana mau konsen tiba-tiba dibilangin ulangan lisan dadakan gini.

Semua anak mulai membaca buku, tidak denganku aku masih terbengong-bengong dan dalam hati aku bicara ‘baru aja gue sholat dhuha minta supaya nggak ada ulangan hari ini karena ada test TOEIC, tapi ternyata?’

“Nida bawa bukunya?” Tanya Dini

“Nggak” jawabku dengan tampang datar, dan aku balik bertanya “lo bawa?”

“Nggak juga”

Ini bener-bener nggak adil! Padahal seharusnya ini tuh jamnya matematika tapi beda!! Arrrggg kesel banget. ‘Masa do’a gue nggak dikabulin sih? Pengen nangis aja kalau gini caranya’ dalam hati masih nggak percaya. Sebelum ada seseorang yang masuk ke kelas, semua sudah duduk manis di kursi masing-masing karena dikira guru. Ternyata ketua kelasku! Diah. Wajahnya seperti abis dianiaya gitu deh, sedih banget, wah jangan-jangan ada berita buruk bagian kedua nih. Tapi nggak!

“KITA NGGAK JADI ULANGAAAAAAAAAAAAAAAAAN!!!” sambil lompat kegirangan Diah member informasi yang kembali membuatku Jleb Jleb Jleb

“HOOOOOREEEEEE, ALHAMDULILLAH YAH” seru seluruh temanku dikelas sambil mengeluarkan expresi yang senang tapi nggak jelas

“YEESSS!!!” teriakku dengan semangatnya, lalu aku bertanya kebenaran berita menghebohkan itu pada Diah yang biasa kami panggil mami “Mami itu serius kan? Nggak nyenengin kita doang kan? Iya kan Mam? Jawab Mam! Jawab! Jangan diem aja Mam! Please jawab!” tanyaku sebagai anak korban sinetron

“Iya dulu!” dengan logat betawinya Diah menjelaskan pada kami “Iya jadi tuh pas di ruang guru kata Bu Nuri duluin ulangannya aje dulu, terus kan pas itu Nalan duluan tuh ke kelas, nah gue dipanggil Bu Lani katanya gini: yaudah kamu ulangannya minggu depan aja, kan cuma sepuluh orang doang paling yang ikut TOEIC, remed aja kalian sekarang. Nah jadi buat yang ikut TOEIC NGGAK ULANGAN!!!” jelas Diah pada kami

Aku dan Ida meledek Fitri karena akhirnya kita yang benar…

Ekspresi anak-anak berubah, suasana berubah, atmosfer di kelaspun berubah, tidak kompak lagi, karena nggak ulangan itu hanya untuk yang ikut TOEIC, suasana menjadi suram bagi yang tidak ikut test nanti, dan sebaliknya bagi yang ikut test sangat bersenang hati, bahkan Vita sampai menanyakan dimana arah kiblat hanya untuk sujud syukur dikelas.

Dan ketika kami yang terpilih mengikuti test TOEIC berangkat, ada kabar dari teman dikelas, kabar yang juga sangat membuat otak tak bekerja, entah mengapa sepertinya hari ini aku lagi nggak connect. Ada SMS dari Mira yang berada dikelas, isinya dibacakan oleh Sisil

Eh kita juga nggak jadi ulangan dong, malah kita disuruh pulang sama Bu Lani… haha

Ternyata nasib kelasku mujur sekali hari ini. Alhamdulillah yah.

***

*cerpen saya ini pernah dimuat di Majalah story edisi 29*

8 thoughts on “Nggak Jadi Ulangan!!!

Leave a Reply

