Kasih Ibu Sepanjang-panjangnya (Tak Terhingga)


Postingan kali ini gue buat khusus untuk Mama gue, dan seluruh Mama di Indonesia.. Sebenarnya niatan untuk memposting dengan tema ini udah lama banget ada di benak gue, tapi baru kali ini gue merasakan sekarang waktu yang paling tepat.

Tentu saja kalian memiliki orangtua khususnya Ibu bukan? hmm tapi maaf untuk yang sudah ditinggalkan, disiini gue cuma mau berbagi aja sama kalian. Mungkin aja kita sering melakukan hal ini tanpa kita sadari.

Ada yang tau apa itu?

Yap, tanpa sengaja namun sering kali kita (maaf ) membuka atau membeberkan kejelekan Ibu kita pada teman, atau orang lain. Dengan sangat yakin kita saling membicarakan tentang Ibu kita yang kita anggap sebagai sosok yang cerewet, selalu memarahi kita, orang yang tidak mengerti mau kita, dan sebagainya. Dan kalian tau? Itu artinya kalian telah menjelek-jelekkan Orangtua kalian sendiri, khususnya Ibu.

Ya memang, ketiika kita sedang berkumpul bersama teman atau sahabat lalu kita menceritakan tentang hidup kita, dan entah mengapa pasti akan membicarakan tentang orangtua kita juga bukan? Bukan hal yang bagus yang biasanya dibicarakan, tapi hal-hal kecil yang dilakukan oleh Ibu kita tapi kita menganggapnya itu adalah gangguan, itu mengganggu.

Hey! apa jadinya kalian jika tidak memiliki Ibu? Bagaimana kalian ada di Bumi ini kalau kalian tidak memiliki Ibu?!! Darimana??? Kita tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan susah payahnya Ibu kita membanting tulang.

Mengapa gue tidak membicarakan Ayah, karena Ayahlah yang mencari nafkah?

Tapi jasa Ibu itu lebih besar dibanding Ayah kita. Kalian tau itu?? Ketika mengandung kita selama 9 bulan, Ibu yang menjalaninya!! bukan Ayah kita!! Ketika kita sudah siap untuk menghirup udara di dunia ini Ibu kita yang berusaha!! Melahirkkan itu perjuangannya antara HIDUP dan MATI! apa kalian menyadari itu??

Dan ketika kita lahir di dunia ini, Ibu yang menjaga kita, Ibu yang merawat kita, Ibu yang memberi kita asi, Ibu yang rela bangun tiap malam setiap kita menangis, Ibu yang selalu menyayangi kita, Ibu yang selalu ada setiap kali kita sakit. Ibu yang mengajari kita tentang segala hal. IBU!! SEMUANYA BISA IBU LAKUKAN UNTUK KITA!!

Tapi apa balasan kita untuk BELIAU????

Ketika kita beranjak dewasa, kita tumbuh besar berkat ketelatenan Ibu membesarkan kita, tapi kita justru mengumbar-umbar sifat Ibu kita yang seharusnya tidak kita sebarkan.

Ketika kita sedang berkumpul bersama teman-temak kita, seringkali membicarakan hal seperti ini:

  • A: Enak banget nyokap lo baik gitu, nah gue mau main gak boleh, mau pergi gak boleh, cerewet banget pokoknya.
  • B: Enak apaan, nyokap gue juga begitu, dikit-dikit nyuruh2 gue mulu, kan gue capek! mana gue jajannya dikit doang lagi, pelit banget nyokap gue
  • A: nah gue juga begitu, nyokap gue mah giliran buat dia aja semaunya, giliran gue mau beli baju, hp gak dikasih
  • B: iya, ntar kalo kita punya duit ajadah minta dah sama kita ye
  • A: iya tuh betul!

ASTAGFIRULLAH!!!!!!!!!! Apa dosa Ibu kita?!!!

Iya gue jujur pernah melakukan hal itu, tapi tidak sampai memiliki dendam apapun, dan sekarang gue sadar setiap ada orang yang sedang mengobrol dan membicarakan tentang Ibu mereka gue dalam hati selalu menangis, mengapa hal yang seperti itu yang diceritakan pada orang lain???

Mengapa bukan kebaikan Ibu kita yang kita bicarakan?? Mengapa bukan rasa bangga kita terhadap Ibu kita yang kita ceritakan?? Mengapa??

Hal seperti itu Ibu lakukan untuk kebaikan kita, ketika Ibu melarang kita untuk main, mungkin Ibu mau kita untuk belajar, dan jika Ibu cerewet itu karena Beliau sayang pada kita..

Coba kita semua bayangkan jika Ibu kita cuek ketika kita berbuat salah? Itu artinya Ibu kita tidak peduli pada kita!!

Apa kita harus kehilangan Ibu kita dulu baru kita menyadari bahwa omelan, ocehan Ibu kita itu akan selalu kita rindukan??!!

Bagaimana jika Ibu kita merintih kesakitan, kita hanya sibuk dengan dunia kita! Ketika Ibu meminta kita untuk sekedar memijatnya, kita menolak, dan lebih mementingkan handphone!  Ini kenyataan!!

Tapi ketika Ibu kita sudah tiada, apa yang bisa kita lakukan????!!

APA????!!!!!!!

TIDAK ADA!!!!!!!!!!!!

KITA GAGAL SEBAGAI ANAK!!

GAGAL!!!!

Tapi kalian pasti senang bukan? karena sudah tidak ada lagi orang yang cerewet menasehati kita, tidak ada lagi orang yang menyuruh-nyuruh kita, tidak akan ada lagi orang yang melarang-larang kita!!

SENANG???!!!!!!!

Kita akan MENYESAL!!!!

kita akan merindukan semua itu!!! kita akan merindukan apa yang kita ceritakan tentang kekurangan Ibu kita pada teman-teman!

Oleh sebab itu, do’akan Ibu kita supaya sehat, gue juga selalu mendo’akan Mama supaya sehat dan bisa melihat gue berhasil dan sukses kelak nanti, dan gue juga bisa memberangkatkan orangtua gue pergi haji nanti, gue memang bukan anak yang sempurna, terkadang pernah menolak perintah mama, tapi tidak jarang juga meminta maaf dengan cara lain..

Gue selalu di beri mimpi tidak enak akhir-akhir ini, maka dari itu gue sangat yakin ini hari yang tepat untuk posting ini.

Semoga kita bisa lebih menghargai Ibu kita, tapi bukan berarti kita tidak mendengar perintah Ayah kita juga ya..

Ya pesan gue sih selagi kita masih diberi umur, apa salahnya kita membuat Ibu kita bahagia, jangan mengumbar-umbar kekurangannya, namun ceritakan betapa hebatnya Ibu kita, apapun profesinya. Beliau juga pasti akan meridhoi apa yang kita lakukan. Ingat, ridho Allah adalah ridho orangtua.🙂

7 thoughts on “Kasih Ibu Sepanjang-panjangnya (Tak Terhingga)

Leave a Reply

