Meski Jatuh, Tetap Ada Cara untuk Berdiri


Ini adalah keyakinan awal yang harus kita pegang: meski jatuh dalam kegagalan, atau berada dalam keadaan minus, tetap ada cara untuk berdiri, untuk bangkit kembali. Dari keyakinan inilah usaha baru kembali dimulai. Semua langkah menjadi semakin mantap karena ada keyakinan bahwa masih ada kesempatan untuk bangkit. Tinggal kemudian kita mencari cara untuk berdiri tegak kembali.

Memang tidak mudah, ya lagi-lagi perlu diingat, tidak mudah memulai langkah dari minus. Babak belur, sakit disana-sini, atau mendapatkan cemooh dari orang lain. Tetapi jangan menjadikan situasi tidak menyenangkan itu semakin menyudutkan langkah kita.

Jangan sampai kita benar-benar tamat karena kepasrahan diri berkepanjangan. Yakinlah bahwa ketika jatuhpun, kita masih bisa berdiri.

Semakin kuat keyakinan akan semakin cepat kita bisa mengubah situasi minus menjadi plus. Sebaliknya, semakin lemah daya dan keyakinan bahwa kita bisa berbuat yang terbaik semakin minuslah usaha dan tenaga kita. Oleh karena itu, genggam erat keyakinan itu demi membangun sendiri kesempatan menuju kesuksesan.

Seseorang yang sangat yakin dengan apa yang diyakininya, maka yang terjadi adalah semua hal atau kejadian yang trjadi akan sesuai dengan keyakinannya, baik itu keyakinan yang bersifat positif ataupun negatif. Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan demikian, dan itu karena mereka tidak mampu meyakinkan diri sendiri terhadap suatu keyakinan. Tetapi, jika kita sudah yakin dengan kemampuan dan diri sendiri, maka itu akan memudahkan kita meyakini suatu hal yang lebih baik, guna mengubah kondisi minus menjadi plus.

Berikut adalah sebuah sajak tentang apa itu kesempatan, datang tidak terduga, yang bila disia-siakan maka penyesalanlah yang terjadi.

Aku duduk terpejam

Berkata pada Tuhanku

Tak ingin ku meminta banyak, karena memang aku tak pantas

Aku hanya ingin memberi lebih banyak untuk-NYA

Seperti Tuhan yang telah memberi banyak waktunya untukku

Detik telah memasuki

Tak berhenti ku bersyukur

Tuhan telah memberiku satu lagi kesempatan

Aku tak boleh menyia-nyiakannya

Waktu terus berjalan

Aku tak bisa hanya diam

Alam menantiku berkarya

Manusia menungguku untuk berbagi

Mereka mengharapkanku bisa

Apalagi yang ku tunggu

Sekarang waktunya

Selamat datang diriku yang baru

Semesta telah menyambutmu bahagia

Nie

Sajak ini bercerita tentang sebuah kesempatan yang telah diberikan Tuhan kepada setiap umat-Nya, sebuah makna hidup, dan keyakinan bahwa kita bisa. Setiap pikiran, hati, jiwa dan raga kita akan bergerak dengan sendirinya sesuai dengan keyakinan yang kita ciptakan. Sehingga apa yang kita yakini, alam semesta akan membuat itu menjadi nyata. Percayalah!

 **

Postingan ini saya ambil dari buku Ayo, Kamu Pasti Bisa! Kiat Jitu Meraih Kesuksesan dalam Situasi Sulit yang ditulis oleh Herry Prasetyo dan Irni Fatma Satyawati halaman 40.

Hanya ingin berbagi pada pembaca sekalian tentang buku yang saya baca ini, semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s