SKRIPSHIT, Alitt Susanto (Review)


Jadi gini, waktu awal Maret gue udah di iming-imingi oleh @shitlicious dengan buku terbarunya yang judulnya itu SKRIPSHIT lewat media twitter. Ya dari judul udah bisa kalian tebak kan isinya? Yap tentang kehidupan perkuliahan dia dari jamannya Pak Harto dulu sampe sekarang yang nggak belum kelar-kelar. Kasian.

Tapi gue udah bolak balik ke Gramed buat mastiin bukunya udah terbit atau belum ternyata belum. Sedih. Capek-capek kesana cuma buat nyari itu buku. Iya karena gue lagi sibuk jadi gue nggak punya banyak waktu buat pergi kemana-mana, itu dikarenakan gue lagi sibuk sama yang namanya Ulangan dan Ujian. Segala macem ujian lagi gue jalanin waktu itu.

Dan akhirnya gue baru bisa ke Gramedia Kalibata lagi itu hari Jum’at kemaren, itu juga balik dari Ujian Sekolah. Sendirian. Ya itu karena gue penasaran sama bukunya Mas Alitt. Dan karena gue itu lupa waktu kalo udah di toko buku, makanya gue lebih sering menghabiskan waktu di toko buku sendiri, jadi nggak ada deh orang yang cerewet ngajakin pulang.

Gue baru bisa nyelesain bacanya itu hari ini, bukan. Bukan karena gue bacanya masih di-eja, tapi karena yang tadi itu UJIAN, jadi gue lebih meluangkan buat baca buku pelajaran, tapi diselingi dengan #SKRIPSHIT juga loh *laugh evil*

Nah yang mau tau penampakannya ini dia

kisah sesat mahasiswa abadi

Nah buku ini berisi banyak BAB, bukan, itu bukan akronim dari Badan Alitt Bau, tapi bab buku-nya Mas Alitt.

Mulai dari :

Persembahan : Gue sempet penasaran sama omongannya Alitt yang dia bilang kalau semua followersnya bakalan dia masukin namanya di bab ini.

itu bukti

Dan bener. GUE KENA TIPU!!! dia cuma bikinin kotak, dan kita diminta buat nulis nama kita sendiri. ini curang. dan nggak sama dengan janjinya dia diatas.

Oke, no problem. langsung aja bahas bab dia yang berjudul “Welcome To The Jungle”. Bab ini menjadi favorit buat gue. Kenapa? Karena dia mengatakan

“Tapi apa iya lulus SNMPTN bisa menjamin masa depan yang cerah? Kalau memang begitu faktanya, tentunya semua universitas swasta sudah pada gulung tikar dan mengubah gedungnya jadi pabrik batagor”

Kalimat yang gue suka dari bab itu. Ya itu beralasan, karena sekarang gue kelas XII atau sama aja kelas 3 jadi otomatis gue harus menjalani perjalanan hidup gue setelah keluar dari sekolah. Dan kenapa gue pilih kalimat itu sebagai kalimat favorit di bab itu? Karena gue udah mencoba buat cari PTN yang sesuai dengan kebutuhan gue, tapi orang tua nggak setuju. Okelah gue mikir lagi dan setelah baca kalimat itu gue jadi ngerti. Kuliah itu bukan sembarang kuliah di PTN! tapi belajar supaya menjadi apa yang kita inginkan!

Dengan kuliah di PTSpun kita bisa menjadi apa yang kita inginkan jika kita melakukannya dengan optimal! Right??

Oke, lanjut Bab berikutnya itu adalah “Kancutmu Mengalihkan Duniaku” ah ini sebenarnya tak pantas, tapi ini kocak man!! maaf ya untuk bab ini gue nggak bisa kasih ulasan. karena …. (mending baca sendiri deh)

Bab berikutnya itu “Friday I’m In Love, But..” ini sungguh menggelikan banget. Di bab ini Mas Alitt itu cinta pada pandangan pertama sama seorang wanita penjaga warnet, tapi akhirnya Mas Alitt justru ilfeel setelah pandangan berikutnya setelah mengetahui wanita itu adalah seorang….. waria  Tragis memang kisah cintanya Mas Alitt

“When a Weirdo Fell In Love” bab ini menceritakan teman Mas Alit yang nerd sedang jatuh cinta.

“Cinta itu seperti sihir ya, bisa merubah hal yang gak mungkin menjadi mungkin. Diko, seorang cowok anti sosial dan sangat tidak suka disaingi bisa dengan ikhlas mengajarkan apapun yang dia tau kepada seseorang yang dia cintai. Tanpa lagi memikirkan persaingan maupun kerugian.. Yeah. Love is not selfish, people do” Itu adalah cuplikan kalimat dalam bab tersebut.

Selanjutnya, “a Broken-Hearted Weirdo” bab ini kebalikan dari bab sebelumnya, dimana Diko yang tadinya sudah mau berbagi dengan teman-teman karena jatuh cinta pada seorang gadis, dan sekarang dia patah hati karena ditinggalkan gadis itu. Tragis. Sabar ya diko.

“Side job side jerk” di bab ini Mas Alit diberi job sebagai Joki. Bukan, bukan joki penunggang kuda ataupun joki di 3 in 1. tapi joki untuk menggantikan clientnya untuk ikut test TOEFL yang hasilnya sang client akan dapat beasiswa ke Australia, namun karena sang client ini wanita, jadi Alitt terpaksa ikut tes itu untuk membantu sang client, tapi wanita itu malah buka salon pribadi di ruang tes. Yang mengakibatkan Alitt tidak dapat membantu wanita itu. ya walaupun uang mukanya sudah dipakai oleh Alitt.

“Wartawan vs Wariawan” ini cerita paling random yang gue baca. Sumpah konyol abis.

“Kisah Kasih Kumpeni” Di bab ini Alitt menceritaka pengalamannya bersama temen bule-nya yaitu Fuji, Hovac dan Bam.

“Karma itu ada” ini juga bab yang gue suka. di bab ini Alitt menceritakan kenakalannya sewaktu sekolah dulu dan sekarang dia harus menjadi guru di sekolah dan harus menangani kenakalan anak sekolah seperti yang dia lakukan pada gurunya dulu.

“My Pet oh My Bad” bab ini menceritakan segala macam binatang peliharaan Alitt, contohnya adalah Supri, kucing kampung kesayangannya. Di bab ini juga terdapat tips memilih binatang peliharaan.

“Ma, Plis Deh..” di bab ini gue menemukan kalimat ini

“Tukang tinja panggilan, bisa benerin sumur dan pompa air juga, CP : 55281. -Karena rezeki kami ada di pantat Anda”

bener-bener random -____-“

“Romansa MaPaLa” disini Alitt menceritakan kembali mantan gebetan-gebetannya dia sewaktu kuliah. (sekarang masih kuliah juga sih). Dari mulai mantan gebetannya yang matre sampai yang bau ketek -__-“

 Lalu ada “Teachers Thriller” yang berisikan guru-guru Alitt yang super killer.

“Kadang saat kita memandang sesuatu secara sekilas dan menciptakan persepsi secara sepihak kita memang nggak bakal tau sepenuhnya akan hal itu. Sampai saatnya kita benar-benar mengenalnya. Serese-resenya guru kalian, pasti mereka punya alasan yang baik untuk kalian, kawan. Percayalah”

“Mengapa Mahasiswa Kuliah Lama” alasan-alasan mengapa para mahasiswa betah dengan statusnya.

Selanjutnya adalah bab tentang “Tips mahasiswa abadi” ini adalah pencucian otak bagi para mahasiswa, karena Alitt ingin mencari teman MAPALA (Mahasiswa Paling Lama).

“Tips hemat ala anak kost” bab ini dipersembahkan khusus untuk para anak kost supaya bisa hidup hemat dengan mempunyai banyak teman.

Nah setelah ada banyak bab tentang tips itu di bab selanjutnya adalah “Life is a journey” di sini Alitt menceritakan tentang kehidupannya mulai dari dia masih menjadi upil sampai akhirnya dia menjadi produsen upil terbanyak.

Bukan itu. di bab ini tuh Alitt kecil selalu menjadi juara, tapi dia tidak pernah merasakan akan kasih sayang orang tuanya hingga akhirnya dia menjadi anak yang nakal hanya untuk mendapatkan sebuah perhatian dari orang tua.

“Sebuah awal episode kedua” di bab ini lanjutan dari bab sebelumnya, Alitt yang ngebut-ngebutan dan akhirnya harus di operasi baru sadar, do’anya selama ini telah didengar oleh Tuhan, orangtuanya langsung memberikan dia perhatian, tanpa seharipun meninggalkan Alitt.

Hingga orang-orang dan temannya menjauhi karena fisiknya, tapi Mamanya selalu mensupport hingga dia bangkit kembali.. Bab ini sangat gue suka, banyak banget pesan moral yang Alitt berikan pada pembacanya. sungguh sampai-sampai gue sadar kalau sebenarnya orangtua gur itu sayang banget sama gue tapi gue selalu aja menyakiti hati mereka. Gue sadar sampai meneteskan air mata baca bab ini.

Dan ending dari buku ini adalah “Skripshit” bab yang menceritakan awal mulanya dia skripsi hingga meningglkan skripsi karena buku pertamanya keluar..

Yap, kayaknya itu aja yang bisa gue ceritain dari bukunya Mas Alitt, emang agak panjang sih ya reviewnya hehe..

Bagi yang belum beli, ayo segera di beli di Bengkel terdekat, jangan sampai kehabisan. nggak percuma kok beli buku itu, karena banyak banget kalimat yang memotivasi kalian semua untuk menjalani hidup ini.

Ya sekian aja deh ya, kalo gue promo lebih lanjut bisa nyaingin tebelnya #SKRIPSHIT dong hehe

Thanks for reading🙂 *kecup satu-satu*

8 thoughts on “SKRIPSHIT, Alitt Susanto (Review)

    • MAS ALIIIIIIIIITTT???????? Ya ampun di komen penulisnya aaaaaaaaaaaa
      sama-sama mas, makasih juga skripshit udah banyak bikin gue sadar akan hidup ini🙂
      ya ampun seneng banget deh😀
      *salto*

  1. Pingback: Alitt Susanto Mengguncang Depok « niidass

Leave a Reply

