“Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” memang benar


Postingan ini gue buat dengan keadaan mata merah. Bukan karena gue lagi sakit mata, tapi karena gue mendadak pengen nangis. Gak tau kenapa malem ini gue mau ngepost dan gue coba blog walking supaya dapet pencerahan untuk bisa ngepost, dan setelah gue masuk ke blognya Alitt gue masih belum dapet ide buat nulis, walaupun postingan alitt itu bikin ngakak. Tapi mungkin karena niat yang tulus dari dalem hati gue, tiba-tiba bokap gue memberi gue sebuah kliping yang sudah agak usang tapi masih bagus yang baru saja dilihatnya.

Ini dia penampakannya..

DREAMS BOOK

Dengan judul “Dreams Book” dan itu tulisan bokap gue sendiri, gue mulai tersenyum. Iya karena gue ini seorang pemimpi, dan pas baca judulnya aja udah bikin gue semangat buat bacanya. Halaman demi halaman gue buka, pada halaman pembuka bokap gue menuliskan ini :

Bekerjalah untuk kehidupan duniamu. Seakan-akan kamu hidup selamanya.. Dan.. Beramallah untuk kehidupan akhiratmu. Seakan-akan kamu mati besok

Yap, kalimat pembuka yang sangat mengandung arti dan manfaat berharga. Agak kaget juga gue bacanya, gue inget semua dosa-dosa gue😦 *inget dulu*

Dan halaman berikutnya lagi ternyata bokap gue juga mengoleksi uang jaman dulu.

Ada yang tau itu pecahan uang berapa?

Nah pada salah semua😀 itu pecahan Rp. 5 dan Rp. 10 dan sebenernya masih ada lagi yang disimpan sama bokap.

Lanjut ke halaman berikutnya yang berisikan tentang sebuah tempat yang ingin dikunjungi Papa dan keluarga. Disini mata gue udah mulai berkaca-kaca. Ternyata gue itu persis banget sama Papa. suka bermimpi dan menulis! semua impian gue gue tulis. dan bokap juga begitu.

Di halaman berikutnya ada sebuah foto yang objeknya itu adalah 2 orang bocah yang sedang dikamar mandi. Dan ternyata itu adalah gue dan abang gue -__- karena itu foto bugil lagi mandi jadi gak pantes gue taro disini. gue takut kalian akan mengalami pendarahan hebat kalau liatnya pada shock nantinya, dan terkena tumor di mata kalian.

Nah ada halaman yang ditulis bokap gue sebagai motivasi diri. Berikut isinya :

Aku Bisa

Bila Anda berfikir bahwa Anda telah ditaklukkan,

Maka sebenarnya Anda telah kalah.

Bila Anda ingin menang, tapi Anda berfikir bahwa Anda tidak bisa menang,

Maka pastilah Anda tidak bakal menang.

Bila Anda berfikir bahwa Anda kan menderita rugi,

Maka Anda akan benar-benar rugi.

Karena dimanapun diseputar jagat ini,

Sukses itu hanya berpangkal dari kemampuan seseorang,

Yang mewujudkan jalan fikirannya.

Bila Anda berfikir bahwa kedudukan Anda akan tersisih dalam masyarakat,

Maka Anda akan mengalami perlakuan yang demikian.

Karena itu Anda harus berfikir dalam usaha meningkatkan derajat.

Anda harus yakin benar akan diri Anda sendiri,

Sebelum Anda harus memenangkan suatu hadiah.

Dari tulisan itu, gue menyadari tiap kali gue pesimis dengan apa yang gue lakukan, hasilnyapun sama mengecewakan. Dan gue jadi selalu optimis dengan segala yang gue kerjakan akan berbuah manis nantinya.

Ada lagi nih di halaman berikutnya

Aku bisa

Pertarungan dalam medan juang hidup ini, memang tidak selamanya mendatangkan keuntungan.

Bagi yang kuat ataupun yang cepat. Akan tetapi lambat atau cepat, orang yang menang itu adalah orang yang berfikir bahwa dia sanggup bisa.

Jika Anda akan melakukan sesuatu, Anda harus percaya diri.

Bahwa Anda PASTI BERHASIL.

Ada lagi nih, cekibot

ROB…

Aku.. mempunyai dua cinta..

1. Cinta pada dirimu sehingga aku dekat denganmu..

2. Dan.. Cinta pada diriku, sehingga aku dapat bertemu dengan-MU..

Dan ini yang terakhir dan juga membuat gue benar-benar mengeluarkan air mata.

Tulisannya gak jelas ya?

Begini nih tulisannya:

Terasa belum sempurna apabila seorang muslim belum menginjakkan kakinya ditanah suci..

Untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima.

Aku…

hanya bisa memandang wajahmu dari kejauhan..

Namun…

Pada suatu saat… Aku harus bisa… memandang, menatap, bersanding serta menciummu, dengan ciuman Ridho Ilahi

24.12.95

*JEGERRR!! gue bener-bener nggak bisa nahan air mata gue yang mau jatuh. Selama itu Papa udah bermimpi untuk bisa pergi haji. Dan gue merasa malu. gue udah segede ini tpi belum bisa berbuat apa-apa untuk membantu mereka. Tapi sebelum baca kliping bokap ini, gue udah punya semacam buku “My Goals”  itu buku sebenernya udah lama gue buat, tapi entah kenapa gue waktu itu pesimis dengan banyaknya mimpi-mimpi gue.

Dan setelah melihat  kembali buku gue itu, ada mimpi gue untuk membiayai orangtua gue untuk pergi haji. Mendadak gue galau. gue merasa gagal sebagai anak.

Kurang lebih selama 16 tahun dari kliping yang bokap buat itu, masih ada harapan, dan benar aja. Dreams come true! mimpi papa bakal jadi nyata!

Gue jadi bayak belajar. Emang sih gue agak tidak terlalu dekat sama bokap, karena Beliau itu tidak banyak bicara. Tapi sekalinya bicara itu…… langsung masuk ke hati. kalo lagi nasehatin anak-anaknya pasti masih nyangkut di otak juga hati. Beliau jarang marah langsung sama anaknya. Kadang gue sering bikin mereka khawatir, dan sekalinya papa ngomong itu gue langsung diem.

FYI, bokap gue itu orangnya asik loh, ya sama kayak gue lah😀 sama-sama seorang pemimpi, bedanya kalo bokap gue udah berhasil meraih mimpinya, kalo gue masih terus berusaha. dan kalo bokap gue udah jadi motivator, gue belum nih hehe ya menyusul deh.

Oke. Sampai disini dulu deh ya curhatan panjang gue. Yang pasti istilah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” itu emang bener.🙂

buktinya gue ini. Gue baru ngerasa kalau gue ini mirip sama bokap. Dan di HARDIKNAS ini, sosok Papa buat gue itu benar-benar jadi sosok orangtua sekaligus guru.🙂 Semoga pendidikan di Indonesia makin berkualitas, tidak ada lagi anak yang tidak bersekolah. Amin.

Buat yang punya pengalaman yang sama bisa di share di comment box ya🙂

3 thoughts on ““Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” memang benar

Leave a Reply

