Laporan Langsung Sidang Isbat. Puasanya Sabtu


Saya melaporkan Langsung dari Kementerian Agama, Jakarta. Saat ini tengah di laksanakan Sidang Isbat sebagai penentuan 1 Ramadhan 1433 H. *jadi reporter*

Kenapa tiba-tiba jadi formal banget ya gue? -__- oke balik ke topik. Hari ini sedang di lakukan sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan. Dan gue tentunya sangat mengikuti beritanya. ya walaupun lama banget dan ngerasa di php-in ya… Tapi okelah.. demi kepastian.

Mulai dari tadi siang dikantor gue ribet banget pengen pulang cepet. niatnya sih kalo puasanya itu besok ya mau siap-siap buat teraweh. masa teraweh pertama gue nggak ikut sih -__- emang sih ramenya itu nggak kayak teraweh pas udah seminggu… kenapa ya ?? awalnya doang pada ke masjid, sampe penuh gak kebagian tempat.. eh pas udah seminggu keatas udah sepi…………… lega banget rasanya masjid itu..

Tapi yaudah lah ya lanjut aja bahas sidangnya..

Ini tadi gue nyatet 10 sumber yang udah memantau hilal. harusnya sih 11 tapi satunya gue kelewatan -_- karna gak pake steno mungkin nih jadinya kalah cepet ._.

Langsung aja nih dia :

  1. Hisab
  2. Takwim. setelah pengamatannya 1 ramadhan jatuh pada hari sabtu, 21 Juli 2012
  3.  –  (kelewat)
  4. Kalender. menurut kalender islam puasanya jatuh pada hari jumat, 20 juli 2012
  5. Surat keputusan dari arab, tanggal 20 juli 2012
  6. Muhamadiah mengumumkan puasa pada hari jumat, 20 juli 2012
  7. Surat edaran/persis pada hari sabtu, 21 juli 2012
  8. Musyawarah hisab rukyat. jatuh pada hari sabtu, 21 juli 2012
  9. Amanah PBNU. jatuh pada hari sabtu, 21 juli 2012
  10. Surat keputusan. jatuh pada hari sabtu, 21 juli 2012
  11. Berdasarkan 38 tempat. tidak ada yang melihat hilal hari ini.

Jadi bisa disimpulkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, 21 Juli 2012

Banyak perbedaan didalam sidang isbat tadi. tapi tidak perlu diperdebatkan. karena setiap orang memiliki kepercayaannya masing-masing. ya jadi kita hanya perlu menghargainya aja, walaupun nggak bareng puasanya tapi tetep menghormati keputusan masing-masing.

Laporannya cukup sekian dulu ya, ada yang mau cerita-cerita soal sidang hari ini?? boleh di share di komen box ya…

Tunggu postingan gue dibulan puasa ya🙂

Iya berakhirnya sidang Isbat malam ini menandakan berakhir pula jumpa kita hari ini, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat. dan.. Sampai Jumpa.. *gaya reporter*

5 thoughts on “Laporan Langsung Sidang Isbat. Puasanya Sabtu

  1. Right after study several with the content material inside your internet web site now, and i also truly significantly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark site list and are checking back soon. Pls take a appear at my internet page also and inform me how you feel. 908003

  2. Normally I do not learn post on blogs, nevertheless I would like to say that this write-up extremely pressured me to take a look at and do so! Your writing style has been surprised me. Thank you, quite fantastic post. 261440

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s