Review Buku “FILOSOFI KOPI” Dewi Lestari (DEE)


niidass (2)
Filosofi Kopi adalah kumpulan cerita dan prosa satu dekade yang ditulis oleh Dewi Lestari, yang biasa dikenal dengan nama pena Dee. Ada delapan belas cerita yang bervariasi yang dipilih majalah Tempo sebagai Karya Sastra Terbaik tahun 2006 dan juga menjadi 5 besar Khatulistiwa Literary Award 2006. Kereeen!!!

Sebenernya buku ini udah satu tahun yang lalu dibeli, alasan pertama membeli buku ini adalah karena gue suka minum kopi, meskipun sekarang harus kurang-kurangin karena gue punya masalah dengan lambung. Selain itu karena penasaran dengan karya mbak Dee satu ini!

Setelah gue baca jadi kepikiran apa mungkin nanti akan dijadikan Film? And yeeaaahhh!!!! Setelah lama buku itu ada di kamar, ada kabar gembira! Filosofi Kopi benar akan di Film-kan.

Bulan April mendatang rencananya film tersebut akan hadir di bioskop-bioskop kesayangan anda. Ingat ya, bukan di hati orang kesayangan anda. Sembari menunggu, gue akan me-review beberapa cerita.

Suasananya pas banget nih sambil menyeruput hot cappucino.

Oke, Ini cerita yang jadi favorit gue. Pada bagian pertama dengan judul sama seperti judul bukunya, Filosofi Kopi [1996]. Ada seorang lelaki bernama Ben yang begitu tergila-gila dengan kopi, dia sudah keliling dunia mencari koresponden demi mendapatkan kopi-kopi terbaik dari seluruh negeri. Ben juga berkonsultasi dengan pakar-pakar dari berbagai macam negara demi mengorek-ngorek rahasia apa yang dibuat oleh barista-barista profesional untuk mengetahui takaran paling pas untuk membuat berbagai kopi.

Hingga akhirnya dia memiliki kedai kopi sendiri, bermodalkan pengetahuan tentang kopi yang dipunya, dan modal usaha dari temannya, Jody, dia menamai kedai kopinya dengan “Kedai Koffie BEN & JODY” Ben mendekor sendiri kedai kopinya, dia tidak mengambil tempat di pojok, melainkan dalam sebuah bar yang terletak di tengah-tengah sehingga pengunjung bisa menonton aksinya membuat kopi.

Ben tidak hanya membuat, dan mengecap rasa, tapi juga merenungkan kopi yang dia buat. Menarik arti, membuat analogi, hingga terciptalah satu filosofi untuk setiap jenis ramuan kopi.

Namun, suasana berubah ketika seorang lelaki berumur 30-an masuk dengan gaya parlente dan membayarkan semua pesanan orang di kedai. Ben ditantang lelaki itu membuat kopi yang sempurna dengan imbalan cek sebesar 50 juta rupiah.

Dan sebuah kartu merubah semuanya.

KOPI YANG ANDA MINUM HARI INI:

KOPI TIWUS

Artinya:

Walau tak ada yang sempurna,

hidup ini indah begini adanya.

Banyak quote yang bagus dalam buku ini, seperti ada di bab dengan judul Jembatan Zaman 

Bertambahnya usia bukan berarti kita paham segalanya.

Pada judul Cuaca Dee membicarakan cuaca, suka dengan prosa ini karena gue juga suka metafora. Menanyakan cuaca menjadi ungkapan yang digunakan saat seseorang menyimpan hal lain yang sulit diungkapkan.

Dee menuliskan contohnya,

“Bagaimana cuacamu?”

“Aku biru.”

“Aku kelabu.”

mengungkapkan apa yang kita rasakan dengan mengutarakannya dengan keadaan cuaca yang sesuai, terkadang kita tidak dapat berkata jujur ketika ditanyakan kabar, dengan mengatakan “aku biru” biru berarti tenang, tentram, damai, tapi siapa sangka keadaannya sedang terpuruk?

Sampai akhirnya nanti, badai meletus dan menyisakan kejujuran yang bersinar. Entah menghangatkan, atau menghanguskan.

Masih ada cerita dan prosa lainnya yang bagus dalam buku Dee, dan udah nggak sabar mau nonton filmnya yang disutradarai oleh Angga Sasongko, dan dikabarkan akan diperankan oleh Chico Jericho dan Rio Dewanto. Mungkin mereka berdua ini akan menjadi Ben dan Jody.

Semoga buku dan filmnya sama-sama sukses! Great Job mbak Dee. Sebagai seorang yang menyukai kopi, gue akan menonton filmnya nanti.

Sekian dulu review dari gue, cangkir kopi udah kosong juga, semoga kalian makin tertarik buat membeli bukunya ya🙂

Thank you!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s